Lazada Indonesia
Latest Updates

Ciri-Ciri Hamster Hamil

Bagaimana cara mengetahui hamster sedang hamil? Ciri-ciri hamster hamil ?
Apakah kalian membeli sepasang hamster? Ketika anda membeli sepasang hamster, anda pasti sudah merencanakan untuk memiliki sebuah  keluarga hamster. Umur hamster saat mulai matang melakukan perkawinan adalah diatas usia 3 bulan, meski terkadang ada yang bahkan sebelum 3 bulan sudah melakukan perkawinan. Jika anda ingin mengetahui apakah hamster anda sedang hamil atau tidak sebaiknya anda membaca artikel ini untuk mengetahui apakah hamster anda sedang hamil atau tidak.

Ciri-Ciri Hamster Hamil

Liat Ttanda-tanda ini pada hamster anda :

  1. Ukuran Tubuh. Ciri-ciri yang paling terlihat pada saat hamster hamil adalah ukuran perutnya yang besar seperti bohlam lampu atau buah pir. Besar perut hamster tergantung dari berapa banyak terdapat bayi hamster didalamnya, semakin banyak bayi yang ada di kandungannya maka semakin besar ukuran perutnya.
  2. Puting Susu terlihat jelas, ketika hamster betina mulai hamil anda harus memperhatikan puting susunya dengan merabanya, apabila puting susu terasa menonjol maka kemungkinan besar hamster andasedang hamil.
  3. Protektif dan Agresif. Ketika hamster anda sedang dalam masa mengandung, hamster akan menjadi protetif terhadap kandungannya sehingga hamster menjadi lebih agresif kepada anda dan pasangannya (jantan) bahkan menyerang (namun tidak untuk jenis hamster roborovskii, karena hamster roborovskii dikenal sangat penyayang dengan pasangannya bahkan merawat anak-anaknya bersama setelah dilahirkan).
  4. Lebih pendiam dan sedikit bergerak, untuk sifat yang satu ini mungkin tidak semua hamster ketika sedang mengandung menjadi pendiam. Karena hamster memiliki sifat yang berbeda-beda, bahkan ada yang senang berlari-lari dan terlihat biasa-biasa saja.
  5. Membuat sarang, hamster yang sedang mengandung akan membuat sarang yang rapi dari tissue, kertas, maupun serbuk kayu di pojok-pojok kandang.Ini bisa menjadi ciri bahwa hamster sedang mengandung atau sedang ingin melahirkan.
Hamster Hamil
Hamster Hamil

    Tindakan saat mengetahui hamster anda hamil

    1. Mempersiapkan kandang khusus untuk melahirkan dan memisahkan dari si pejantan. Hal ini dilakukan untuk mencegah si betina dikawini lagi oleh si pejantan. Kelahiran dengan jarak yang terlalu dekat (hamil sundulan) akan mengancam kesehatan induk dan juga bayinya. Selain itu juga untuk membuat induk tenang saat proses  menyusui nanti. Terkadang jantan suka memindah-mindahkan bayi dan membuat sang betina menjadi kebingungan dan stress.
    2. Persiapkan kandang betina anda dengan :
      Serbuk kayu bersih dan lembut, yang merata tapi tipis saja. Angkat semua perabotan atau  peralatan hamster seperti kincir, perosotan, tempat makan dan lain-lain sisakan botol minum yang digantung.Hal ini bertujuan untuk menghindarkansi bayi hamster akan terjepit ataupun tertimpa. Ukurannya tidak terlalu besar atau sempit. Ukuran yang sesuai dan ideal untuk ibu hamster adalah 20 x 15 x 20. Menghindarkan bayi hamster tercecer teralu jauh dan tidak mendapatkan asi.
    3. Jangan bermain dulu dengannya. Biarkan dia tenang di dalam kandangnya sambil menunggu saat-saat melahirkan. Menghindarkan sang induk hamster terjatuh yang bisa berakibat fatal bagi keselamatan bayi dan induknya.
    4. Memberi asupan gizi yang cukup untuk hamster yang sedang hail, dan menjaga kebersihan kandang dari lalat, semut dan predator lain. Baca : Makanan Hamster Menyusui 

    4 Responses to "Ciri-Ciri Hamster Hamil"

    STATISTIK