Lazada Indonesia
Latest Updates

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Hamster

Salam sobat Indonesian Hamster Lovers. Ketemu Lagi dengan Mr.Master, kali ini master mau membahas persiapan yang perlu anda perhatikan sebelum membeli hamster, Kenapa perlu persiapan? agar nantinya ketika anda memelihara hamster segala kebutuhan dan keperluan sudah tersedia, yang pada akhirnya akan  memudahkan anda dalam perawatan hamster anda.

Banyak orang yang tertarik kepada hamster karena hewan yang satu ini terlihat begitu lucu dan menggemaskan, kenapa anda membeli hamster? setidaknya ketika anda hendak membeli hamster tanyakan kepada diri anda “Kenapa saya memilih Hamster tidak hewan lain?” Jika anda sudah menemukan jawabannya dan ternyata anda tetap memilih hamster, maka selamat anda akan menjadi seorang Hamster Lovers.
hamster syrian

PERHATIKAN INI SEBELUM MEMBELI :

  1. CINTA KELUARGA.

    Usahakan Semua Keluarga anda menyetujui anda untuk memelihara hamster. Kenapa? Karena hamster itu perlu disayangi dan diberi perawatan yang baik. Tidak mungkin bukan jika hamster anda harus mencari makanannya sendiri? Maka dari itu ketika anda sedang sibuk dan tidak bisa merawat serta memberikan makan, setidaknya ada anggota keluarga anda yang mau membantu anda untuk merawat dan memberikan makan hewan mungil yang satu ini. 
  2. ALERGI.

    Apa ada salah satu anggota keluarga anda yang alergi terhadap bulu hewan? ini merupakan pertanyaan penting, ada sebagian orang yang tidak tahan terhadap bulu hewan yang menyebabkan mereka menjadi alergi. Untuk pengidap alergi, diharapkan berhati-hati terhadap hamster Siria yang memiliki bulu panjang (Syrian Long Hair). Namun sampai artikel ini ditulis saya belum pernah melihat hamster lovers yang mengeluh terkena penyakit yang diakibatkan oleh hamster.
  3. BELI HAMSTER DI PETSHOP ATAU PETERNAK YANG BAIK.

    Kenapa anda perlu memperhatikan kepada siapa anda membeli hamster? Hamster merupakan hewan yang mudah untuk berkembang biak, sehingga bisa memiliki banyak anak dalam sekali melahirkan. Oleh sebab itu oleh sebagian peternak yang tidak bertanggung jawab hamster dikembangbiakan secara asal-asalan, yang pada akhirnya nanti menyebabkan kekacauan genetika dan kecacatan kepada keturunan-keturunan selanjutnya. Misalnya perkawinan beda spesies antara hamster Campbell dengan Hamster Winter White. Untuk mencegahnya anda dapat membeli hamster di tempat yang telah disertifikasi oleh klub hamster indonesia, jika tidak anda bisa melihat tempat penjulan, jika cukup terawat anda bisa membelinya disana.
  4. ANGGARAN DAN BIAYA.

    Beda hamster beda harga, setiap hamster memiliki harga yang berbeda-beda, dan harga hamster di setiap daerahpun beragam. Yang jelas jangan terpancing dengan harga hamster yang murah. Kenapa? karena untuk mempertahankan kualitas hamster bukanlah hal yang mudah, selain itu pikirkan berapa biaya untuk memberikan makan kepada hamster setiap bulannya? Jadi jika ada hamster yang di jual murah setidaknya anda harus berpikir 2 kali.
  5. TUJAN MEMELIHARA HAMSTER

    Setidaknya sebelum anda membeli hamster anda seharusnya mengetahui apa yang ingin anda lakukan dengan hamster anda. Apakah anda ingin menjadi peternak hamster ataukah hanya menjadikan hamster sebagai peliharaan saja. Hamter memiliki umur rata-rata 1-2 tahun bahkan lebih tergantung perawatan dan jenis hamster yang dipelihara, selama dipelihara hamster dapat melahirkan sebanyak 6 kali, dan setiap melahirkan hamster dapat melahirkan sebanyak 8 bayi hamster, jadi kalau di jumlahkan 6 x 8 = 48 ekor dalam setahun hamster dapat melahirkan bayi. namun apabila anda ingin menjadi seorang pecinta hamster saja, maka anda dapat membeli sepasang hamster yang memiliki jenis kelamin yang sama, namun sangat di anjurkan memilih hamster berjenis kelamin jantan. Kenapa harus pejantan? karena hamster pejantan lebih toleran dan tidak agresif.
  6. MAU PELIHARA HAMSTER JENIS APA?

    Di Indonesia hamster hanya terdapat beberapa jenis saja, seperti Roborovski, Winter White, Campbell, Syrian dan Hybrid. Masing-masing hamster memiliki karakter yang berbeda-beda, untuk mengetahuinya silahkan baca ulasan singkat di bawah ini :
    • Hamster Syrian : Memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dari pada hamster lainnya, memiliki 2 jenis bulu yaitu Bulu panjang ( Long hair) dan bulu pendek (Short hair), hamster ini tergolong jinak dan merupakan hamster yang hidup tidak berkelopok. Cocok buat kamu yang mencari hamster jinak dan banyak warna.
    • Hamster Winter White : Hamster ini merupakan hamster mini karena memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil ketimbang hamster syrian, hamster ini tergolong jinak dan memiliki beberapa varian warna saja, seperti sapphire, pearl, normal dll (Lupa namanya). Hamster ini dapat merubah warna bulu mereka ketika cuaca menjadi dingin, hamster ini cocok buat mereka yang mau memelihara hamster yang jinak dan memiliki bulu yang lembut.
    • Hamter Roborovski : Hamster ini tergolong hamster yang pemalu dan lincah, hamster ini sedikit lebih sulit dijinakkan dibandingkan dengan hamster yang lain (menurut saya), karena lincah hamster ini lebih sulit di tangkap, bahkan meskipun sudah berada di tangan kita sekalipun hamster akan nekat melompat karena takut dengan kita. Hamster ini khusus buat mereka yang sudah profesional dalam mengurus hamster.
    • Hamster Campbell : Hamster ini adalah jenis hamster yang mudah di ternakkan, karena dapat memiliki banyak keturunan saat melahirkan, sama seperti Syrian, namun hamster ini memiliki varian yang lebih banyak dan beragam, sehingga tidak heran hamster ini lebih familiar di kalangan masyarakat ketimbang hamster yang lain. Hamster ini tergolong agresif, namun jika sudah dijinakkan hamster ini akan menjadi hamster yang paling baik sejagat perhamsteran. hehehehe

  7.  KANDANG DAN PERLENGKAPAN

    Untuk kandang hamster tidak memerlukan spesifikasi yang khusus, semuanya tergantung kemampuan anda dalam mefasilitasi hamster-hamster anda, asalkan kandang yang anda berikan bisa melindungi hamster dari predator dan menjaga hamster agar tidak kabur kemana-mana itu saja sudah cukup.
  8. TRANSPORTASI UNTUK HAMSTER ANDA

    Ini sangat penting bagi anda yang sudah bisa menentukan jenis hamster, perlengkapan hamster dan lain-lain, maka saatnya untuk membawa hamster anda kerumah. Bagaimana cara membawa hamster anda kerumah dan hamster anda tetap aman di perjalanan? hamster hewan yang tidak tahan panas, dan hamster akan mati apabila terkena panas yang terlalu lama, saya sarankan jangan membawa hamster anda dengan kendaraan bermotor ketika cuaca sedang panas, misalnya ketika siang hari, karena siang hari sangat berbahaya bagi hamster. Bawalah hamster anda kerumah ketika, pagi, sore atau malam, itu adalah waktu yang tepat untuk membawa hamster anda kerumahnya yang baru.

1 Response to "Perhatikan Ini Sebelum Membeli Hamster"

  1. Mau tanya nih, situ punya hamsternya jenis apa? Kenapa rata rata orang lebih pilih hamster syrian?

    BalasHapus

STATISTIK